Calon Wakil Bupati Kabupaten Demak - KH. ALI MAKHSUN, M.S.I

https://jateng.tribunnews.com/2020/09/19/hasil-tes-kesehatan-bakal-cawabup-demak-ali-makhsun-akan-diterima-kpu-hari-ini
  • Profil Singkat

 

Ali Makhsun berlatar belakang dari kalangan santri. Ia merupakan pengasuh pondok Pesantren Al-Amin Suburan Mranggen, Demak sejak 1995 .

Ia juga terkenal sebagai tokoh Nahdliyin di Demak. Di dunia politik, sebagaimana lazimnya kaum Nahdliyin, Ali Makhsun lekat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kini, ia menjabat sebagai ketua Dewan Suro PKB Cabang Demak periode 2018-2023.

Ia maju sebagai calon wakil bupati Kabupaten Demak mendampingi Esti’anah yang menjadi kandidat bupati. Pasangan ini didukung oleh enam partai politik.

  • Kepemilikan/Afiliasi Bisnis

Ali Makhsun merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al-Amin Suburan Manggran Demak.

  • Sikap/Pernyataan/Masalah Kebijakan/Keterlibatan pada Suatu Kasus

 

Ali Makhsun di antara Mugiyono dan Esti’anah

Beberapa bulan sebelum Pilkada Kabupaten Demak 2020, Mugiyono dan Ali Makhsun digadang-gadang sebagai kandidat bupati dan wakil bupati. Baliho mereka juga ramai di berbagai sudut Kabupaten Demak. Namun koalisi itu berakhir prematur.

Ali Makhsun memutuskan mundur. Namun angin kembali berembus ke arahnya, saat Esti’anah butuh pengganti Joko Susanto yang terganjal masalah kesehatan. Akhirnya pada detik-detik terakhir terbentuk duet Esti’anah dan Ali Makhsun. “Pak Mugi sahabat saya, tapi untuk urusan pilkada kami tidak ada kesepahaman, oleh karena itu kami membubarkan koalisi,” kata Ali Makhsun tentang peristiwa putus kongsinya dengan Mugi.

  • LHKPN

Catatan atas Kepatuhan:

Guna memenuhi persyaratan dalam Pilkada Kabupaten Demak 2020, Ali Makhsun melaporkan harta dan kekayaannya pada 15 September 2020.

Catatan atas Kewajaran:

Kekayaan terbesar Ali Makhsun berasal dari “Tanah dan Bangunan” yang berjumlah total Rp1,3 miliar. Salah satu di antaranya bernilai total Rp1,1 miliar yang berstatus warisan. Ali Makhsun juga punya satu mobil dan empat motor yang taksirannya berjumlah Rp212 juta. Secara keseluruhan harta Ali mencapai Rp1,62 miliar.

  • Catatan Lain yang Relevan

Dalam biodata Ali Makhsun yang dirilis oleh KPU untuk Pilkada 2020, Ali Makhsun pernah menjabat sebagai Sekretaris Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Tengah. Adapun MRI merupakan sebuah organisasi yang fokus membela hak-hak masyarakat sipil dan aktivitas sosial-kemanusiaan.

Jabatan

Sahabat ICW_Pendidikan