Korupsi Memudahkan Serangan Teroris Terhadap Euro 2004

Meluasnya korupsi di Portugal akan memudahkan kelompok ekrtremis untuk measang bom pada 10 setadion yang akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan Euro 2004 bulan depan, kata pejabat penting pada event sepakbola besar dunia itu Sabtu.

Martin Kallen, ketua direktur operasi untuk Euro 2004 mengatakan, setelah berbicara dengan polisi mereka berpendapat bahwa mental korupsi di Portugal menjdikan negara itu sasaran empuk bagi teroris untuk melakukan serangan dalam kejuaraan tiga pekan itu yang akan dimulai 12 Juni.

Di Portugal amat mudah untuk menempatkan bom di stadion karena Anda senantiasa akan menemukan orang yang bermental korup, kata Kallen kepada mingguan Portugis Expresso.

Kallen mengatakan yang paling memprihatinkan adalah daerah parkir pada semua stadion kejuaraan.

Semua kendaraan akan diperiksa, termasuk milik perdana menteri, kata Kallen. Para penonton harus sudah tiba tiga jam sebelum pertandingan dimulai atau mereka tidak akan bisa memarkir kendaraan.

Kallen mengatakan pelataran parkir dibawah tanah diperuntukkan bagi VIP dan praktis akan kosong selama 31 pertandingan fimal sepkboal itu.

Awal bulan ini kementerian luarnegeri AS memperingatkan adanya potensi penyerangan dan kerusuhan pada turnamen yang diikuti 16 negara itu.

Diantara negara yang ambil bagian termasuk Inggris dan Italia yang mendukung perang pimpinan AS di Irak.

Sumber: Media Indonesia, 30 Mei 2004

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan