Supporter ICW

Yuk jadi "Supporter" ICW - Mendukung Gerakan Pemberantasan Korupsi Salah Satunya Dengan Men-Support ICW

"Bagaimana bergabung dengan ICW?"

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh para Sahabat ICW di wall "Sahabat ICW-Memberantas Korupsi untuk Indonesia Lebih Baik". Pertanyaan yang selalu kami jawab dengan "bahwa saat ini Anda telah menulis di wall page ini, berarti Anda telah tergabung sebagai kelompok Sahabat ICW".

Meng-klik tanda "like" untuk halaman ini, merupakan inisiasi bergabungnya Anda sebagai Sahabat ICW. Artinya, secara tidak langsung, Anda telah bergabung dengan kami. Saling berkomunikasi di Facebook, atau hanya pasif mengikuti segala progres yang ada di halaman ini, adalah cara paling mudah untuk menjadikan Anda bagian dari kami.

Apakah ada cara yang lebih konkret? Tentu saja! Kami punya banyak pilihan.

ICW membuka peluang bagi Anda semua untuk bergabung ke dalam barisan antikorupsi. Salah satu cara yang paling konkret adalah berdonasi kepada ICW untuk membiayai kerja-kerja kami di bidang pemberantasan korupsi.

Sejak Juni 2010, ICW membentuk Divisi Fundraising and Public Campaign (Kampanye Publik dan Penggalangan Dana), sebuah divisi khusus untuk menyebarkan virus antikorupsi kepada publik sekaligus melakukan penggalangan dana dari masyarakat. Dukungan dana dari publik adalah bentuk dukungan konkret bagi kami, secara finansial maupun moral.

Dana yang terkumpul dari masyarakat akan semakin menjaga independensi ICW sebagai organisasi nonpemerintah yang berperan sebagai watchdog, mengawasi tindak pidana korupsi yang telah menggurita di segala lini. Selama ini, ICW tidak pernah menerima anggaran dari pemerintah, juga menolak dana dari perusahaan. Dengan demikian, kami dapat ìmenyalakî dengan keras ketika melihat adanya kecurangan,tanpa tersandera konflik kepentingan. Untuk membiayai kegiatan, ICW bekerjasama dengan sejumlah lembaga donor yang memiliki visi misi sejalan.

Beroperasi satu tahun, Divisi Fundraising telah mengumpulkan Rp 231 juta rupiah (saldo November 2011). Sebagian dana telah digunakan untuk kepentingan kampanye publik. Di antaranya, pendidikan antikorupsi di sekolah dan di sejumlah kampus. ICW juga menyelenggarakan kampanye antikorupsi kepada anak-anak usia dini melalui kegiatan lomba mewarnai dan aneka permainan bertema antikorupsi.

Untuk menjaga transparansi, secara periodik ICW mengirimkan laporan donasi publik kepada seluruh supporter ICW, yakni mereka yang telah berdonasi kepada kami. Laporan donasi disampaikan secara ringkas melalui layanan pesan pendek dan newsletter. Dalam waktu dekat, informasi lengkap mengenai pertanggungjawaban donasi akan kami lansir dalam website ICW, www.antikorupsi.org.

Bagaimana cara berdonasi kepada ICW?

Melalui sistem autodebet rekening atau kartu kredit. Jumlah donasi minimal Rp 75.000 dan dibatasi hingga Rp 10 juta.

Penggunaan sistem autodebet rekening bank bertujuan menjaga transparansi dan keberlangsungan donasi. ICW hanya menerima donasi dari supporter yang memiliki identitas jelas yang terverifikasi melalui rekening bank. Tidak ada penyumbang gelap yang memberikan dananya tanpa membuka identitas. Sementara itu, sistem autodebet akan menjaga keberlangsungan donasi, karena secara rutin pihak bank akan memotong sejumlah uang dari rekening supporter, tentu saja, setelah mendapat persetujuan dari sang empunya. Sistem ini lebih aman ketimbang hanya mengandalkan transfer dari donatur yang bisa setiap saat terhenti karena berbagai alasan. Lupa mentransfer, misalnya.

Untuk berdonasi, Anda dapat menghubungi tim Fundraising yang berkampanye di sejumlah mal dan ruang publik di Jakarta dan sekitarnya. Pilihan lain, hubungi kami melalui email sahabaticw@antikorupsi.org atau telpon 021-7901885 dan tim Fundraising ICW akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan.

DONASI PUBLIK

ICW membuka pintu untuk menerima donasi publik.

Korupsi yang dihadapi di negeri ini begitu besar, karena itulah kami mengajak para sahabat untuk men-support gerakan antikorupsi dengan berdonasi ke ICW. Donasi bisa sekali saja tetapi akan lebih baik kalau rutin bulanan untuk memudahkan perencanaan kegiatan. Dana ICW akan diaudit dan dipublish secara transparan dan akuntabel setiap tahun di website maupun di buku laporan tahunan.

Donasi publik akan digunakan untuk mendukung aktifitas ICW seperti: Riset/ Penelitian, Pengawasan kinerja Aparat Penegak Hukum, Pengawasan penggunaan APBN, Pendampingan masyarakat yang melapor kasus korupsi, Investigasi Kasus, Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah dan Kampus, Advokasi Kebijakan Pemerintah dan DPR.

ICW menerima donasi lewat metode transfer bank yang dapat dilakukan pada halaman DONASI OFFLINE atau secara online lewat tombol di bawah ini. Donasi online dilakukan menggunakan mata uang Dolar Amerika (USD) dan akan dikonversi ke Rupiah pada Billing Statement supporter. ICW membatasi jumlah donasi online maupun offline maksimal sebesar Rp 10.000.000 atau US$ 1,000.

Donasi Sekali

Donasi Autodebet

Untuk informasi donasi, silahkan menghubungi Illian di 0217901885/ 0217994015 atau email: sahabaticw@antikorupsi.org


Selain penerimaan donasi melalui sistem autodebet, selama kurun waktu Februari 2010-Desember 2011, ICW menerima donasi via transfer rekening bank sebesar Rp 84.028.600.